Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam menciptakan kreativitas serta usaha mandiri berbasis teknologi sebagai industri kreatif.

Wednesday, October 5, 2016

Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Kreativitas Masyarakat

Teknologi adalah sesuatu yang hampir tidak ada habisnya untuk dibahas pada jaman modern seperti sekarang ini. Seiring waktu berjalan maka semakin teknologi akan semakin berkembang. Hal ini memang Sudah terbukti lama kelamaan kemajuan teknologi menjadi candu bagi umat manusia dikarenakan segala sesuatu akan bisa dilakukan lebih mudah seiring dengan berkembangnya teknologi. Berdasarkan hal tersebut maka pola pikir manusia akan semakin berkembang untuk bisa menciptakan sebuah kreativitas baru dalam menciptakan sesuatu melalui perkembangan teknologi. Setiap saat melalui kreativitas manusia didalam memanfaatkan perkembangan teknologi maka akan semakin banyak hal hal baru yang tercipta baik berupa alat-alat atau temuan yang di hasilkan tanpa pernah kita pikirkan sebelumnya, dan itu semua bertujuan untuk memudahkan segala bentuk akivitas manusia di jaman modern ini. 


perkembangan-teknologi-kreativitas

Perkembangan teknologi yang paling pesat dirasakan dan semakin banyak diminati dan dinikmati masyarakat saat ini khususnya di Indonesia yaitu Teknologi informasi dan Komunikasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information and Communication Technology (ICT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi dan akses internetnya, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan piranti genggam modern (misalnya ponsel).

Dan saat ini, segala aspek kehidupan tersebut telah mampu berkembang dengan pesatnya, perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan masyarakat dari masyarakat yang tradisional menjadi masyarakat modern, kemudian secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi. Penyebab utama yang paling terasa pada perubahan tersebut adalah pada aspek Teknologi Informasi dan Komunikasi, contoh paling sederhana tentang hal ini adalah bila pada masyarakat yang masih tradisional dahulu dalam pencapaian informasi dari jarak jauh memerlukan waktu yang begitu lamanya, karena saat itu masih menggunakan cara pengiriman pesan masih sederhana yaitu surat-menyurat, kemudian berkembang menjadi faksimile kemudian telepon dan sekarang pada tingkat yang lebih modern telah muncul telepon genggam dalam beragam jenis dan fitur-fitur canggih yang mendominasinya.

Teknologi informasi dan komunikasi saat ini sudah menjelma menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi hampir seluruh masyarakat di dunia untuk kebutuhan aktivitas individu, kelompok dan industri. Dengan teknologi informasi manusia mampu melakukan sesuatu dengan lebih cepat, tepat dan efisien serta dengan perkembangan ilmu pengetahuan di bidang teknologi informasi saat ini sudah banyak berkembang kreativitas masyarakat yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bahkan mereka mampu menciptakan lapangan usaha sendiri atau usaha mandiri yang lebih dikenal sebagai industri kreatif. Penciptaan kreativitas dan Usaha mandiri ini sebagai Industri kreatif mendorong semua negara didunia untuk berlomba menciptakan sumber daya manusia yang handal di bidang teknologi informasi yang akan digunakan sebagai modal dalam meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat baik secara mikro dan makro.

Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi ini mendorong kelompok masyarakat bermodal untuk melakukan investasi di bidang yang satu ini. Di indonesia sendiri perkembangan teknologi informasi bahkan termasuk yang terbaik di kawasan Asia tenggara mengingat pemerintah dan golongan swasta sangat aktif dalam mendorong investasi dalam teknologi informasi. Sebut saja di dunia pendidikan Indonesia saat ini sekolah-sekolah berbasis informasi teknologi mulai dari tingkat SMA/SMK sampai sekolah tinggi/perguruan tinggi berkembang pesat.


teknologi-industri-dan-kreativitas

Bahkan pemerintah mendorong agar supaya para pelajar ini nantinya dengan bekal ilmu pengetahuan mereka dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi ini bisa berperan aktif di masyarakat, industri dalam dan luar negeri bahkan banyak yang sudah terbukti mereka sukses dalam menciptakan lapangan pekerjaan sendiri melalui pembuatan usaha mandiri berbasis industri kreatif. Hal ini tentunya sangat menggembirakan mengingat masalah klasik masyrakat kita dari jaman setelah perkembangan teknologi modern adalah pengangguran. Di Era Globalisasi ekonomi yang mana banyak industri besar berinvestasi di Indonesia dan mengirim tenaga ahli mereka dari luar negeri yang mengakibatkan  banyak tenaga kerja kita yang terlempar dari kompetisi SDM di berbagai industri. Kini kita patut mulai berbangga karena setidaknya dikawasan Asia tenggara kita sudah mulai menjadi yang terbaik. Bahkan banyak industri kreatif kita yang dulunya hanya merupakan usaha mandiri kecil begitu mendapat kesempatan akan mengembangkan kreativitas mereka dan menciptakan sesuatu yang baru dalam bidang teknologi informasi untuk bisa menembus pasar dunia melalui sistem pemasaran yang notabene juga berkembang lewat teknologi informasi ini seperti startup, software, dll.

Dalam  industri  kreatif,  khususnya,  peranan  teknologi  informasi  dan komunikasi menjadi dominan dalam menghasilkan  karya kreativitas masyarakat. Media teknologi informasi dan komunikasi yang begitu berkembang pesat di seluruh kalangan masyarakat seperti telepon, komputer, internet, email, website atau blog, iklan cetak dan online dan masih banyak lagi saat ini hampir menjadi kebutuhan primer masyarakat untuk berinteraksi dalam kehidupan sehari hari. Dalam dunia industri juga semakin banyak industri kecil, menengah sampai besar menggunakan dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Misalkan diantara  14  kelompok  industri  kreatif,  setidaknya 10 industri sangat terkait erat dengan teknologi informasi. Industri tersebut yaitu industri periklanan, arsitektur, disain, video, film dan fotografi, permainan interaktif (game), musik, penerbitan dan percetakan, layanan komputer dan piranti lunak, televisi dan radio, juga riset dan pengembangan.

Banyak hal yang bisa kita simpulkan dari perkembangan teknologi secara global ataupun mengkhusus dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi dan beberapa diantaranya bisa kita simak dibawah ini:

Dampak Positif Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

- Membantu mempercepat pekerjaan manusia
Dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, pekerjaan manusia akan menjadi lebih cepat dan mudah. Misalnya, proses pembuatan proposal yaysan sosial, apabila menggunakan mesin ketik, maka diperlukan waktu yang lama dan dengan keakuratan yang rendah. Lain halnya apabila dikerjakan dengan menggunakan komputer dan printer untuk mencetaknya, pekerjaan ini akan menjadi lebih cepat dan akurat untuk menyusun proposal yang akan dikerjakan.


manfaat-teknologi

- Mempermudah komunikasi jarak jauh
Sebelum adanya teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang ini, proses komunikasi masih bersifat analog. Untuk mengirimkan kabar menuju keluarga yang letaknya jauh, harus menggunkan surat dengan waktu tempuh lebih dari 2 hari, dan itupun terkadang tidak sampai pada tujuan. Dengan teknologi sekarang, bisa menggunakan sms, e-mail dan lain sebagainya yang merupakan produk teknologi informasi. Dengan menggunakannya, maka jarak yang jauh bukan lagi menjadi hambatan dalam berkomunikasi, waktu tempuhpun menjadi relatif singkat dengan keakuratan yang sangat terjamin.

- Mempermudah sistem administrasi
Sistem administrasi tanpa menggunakan bantuan teknologi informasi dan komunikasi akan menjadi lambat dan membutuhkan tempat yang besar. Dalam hal ini, misalny saja untuk proses penghitungan suara oleh KPU. Dalam hitungan jam saja, sudah bisa terakumulasi total suara dalam satu negara. Betapa besar manfaat adanya teknologi ini. Bisa dibayangkan seandainya tidak ada teknologi ini, mungkin diperlukan waktu hingga berbulan-bulan untuk melakukan penghitungan secara manual.

- Mempermudah proses transaksi keuangan
Sebelum berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, proses transaksi keuangan dilakukan secara konvensional. Nasabah harus mendatangi Bank untuk bertransaksi, begitu pula apabila akan dilakukan trnasaksi jual beli, pihak pembeli harus bertemu dengan pihak penjual untuk kemudian bertransaksi secara langsung. Namun, sekarang ini, proses transaksi sudah bisa dilakukan melalui berbagai cara, yakni bisa melelui ATM, SMS Banking dan E-Banking. Dengan cara ini, maka kedua belah pihak yang terlibat transaksi tidak harus bertemu.

Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

- Penyalahgunaan untuk tindakan kriminal dan asusila
Maraknya penipuan dan penuculikan belakangan ini melalui situs jejaring sosial, juga merupakan efek negatif dari berkembangnya dunia informasi dan komunikasi. Selain itu, bahaya dari situs pornografi merupakan ancaman nyata bagi para generasi muda, khususnya siswa sekolah.


teknologi-informasi-ciptakan-kreativitas-masyarakat

- Penyalahgunaan untuk pencurian keuangan
Belakangan ini muncul berita mengenai pembobolan uang nasabah, dari hal ini jelas sekali bahwa kemampuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang tidak diimbangi dengan iman yang kuat, maka seseorang dapat terjerumus dalam tindakan pencurian melalui media internet.

- Munculnya perilaku individualisme, ketergantungan dan egois
Semakin tergantungnya manusia akan bidang ini, maka jiwa sosialnya akanberkurang. Misalnya saja orang akan lebih senang berada didepan komputer dari pada mengikuti kegiatan remaja atau ibadah.

- Manusia menjadi malas beraktifitas
Ini adalah dampak yang paling nyata yang dapat kita lihat dan rasakan, hampir tiap waktu, sepulang sekolah, siswa sekolah lebih banyak menghabiskan waktunya di warnet untuk bermain game online. waktu mereka untuk belajarpun menjadi berkurang, disinilah peran orang tua harus aktif untuk bisa menjelaskan pada anaknya mengenai pembagian waktu untuk belajar dan bermain. 

Mengingat semua hal tersebut diatas maka bisa kita pikirkan sekarang apakah kita bisa menyimak dan menggunakan segala ilmu pengetahuan dan informasi yang sudah sangat cepat dan luas disajikan sebagai akibat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini didalam menciptakan kreativitas untuk hasil yang lebih baik di segala aspek kehidupan ataukah kita akan masih akan tetap terpaku dengan sistem lama karena takut akan dampak negatif dari perkembangan teknologi ini.

Share:

3 comments:

  1. Ya, menurut saya sudah bagus isi dari teknologi informasi dan komunikasi yang sudah dibuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih atas komentar dan kunjungannya bang...

      Delete
  2. Terimakasih atas informasinya, Silahkan Kunjungi website kami ^^
    Fauzia Herbal

    ReplyDelete

Total Pageviews