Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam menciptakan kreativitas serta usaha mandiri berbasis teknologi sebagai industri kreatif.

Wednesday, October 5, 2016

Teknologi Informasi Ciptakan Kreativitas dan Usaha Mandiri

Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) saat ini berkembang menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi hampir seluruh masyarakat di dunia untuk kebutuhan aktivitas individu, kelompok dan industri. Dengan teknologi informasi, manusia mampu melakukan sesuatu dengan lebih cepat, tepat, dan efisien serta dengan perkembangan ilmu pengetahuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi saat ini sudah banyak berkembang kreativitas masyarakat yang berbasis teknologi informasi bahkan mereka mampu menciptakan lapangan usaha sendiri atau usaha mandiri yang lebih dikenal sebagai industri kreatif. Penciptaan kreativitas dan usaha mandiri ini sebagai Industri kreatif mendorong semua negara didunia untuk berlomba menciptakan sumber daya manusia yang handal di bidang teknologi informasi yang akan digunakan sebagai modal dalam meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat baik secara mikro dan makro.

industri-kreatif-dengan-teknologi-informasi

Dengan kemajuan teknologi informasi ini mendorong kelompok masyarakat bermodal untuk melakukan investasi di bidang yang satu ini. Di indonesia sendiri perkembangan teknologi informasi bahkan termasuk yang terbaik di kawasan Asia tenggara mengingat pemerintah dan golongan swasta sangat aktif dalam mendorong investasi dalam teknologi informasi. Sebut saja di dunia pendidikan Indonesia saat ini sekolah-sekolah berbasis informasi teknologi mulai dari tingkat SMA/SMK sampai sekolah tinggi/perguruan tinggi berkembang pesat.

Bahkan pemerintah mendorong agar supaya para pelajar ini nantinya dengan bekal ilmu pengetahuan mereka dalam bidang teknologi informasi ini bisa berperan aktif di masyarakat, industri dalam dan luar negeri bahkan banyak yang sudah terbukti mereka sukses dalam menciptakan lapangan pekerjaan sendiri melalui pembuatan usaha mandiri berbasis industri kreatif. Hal ini tentunya sangat menggembirakan mengingat masalah klasik masyrakat kita dari jaman setelah perkembangan teknologi modern adalah pengangguran.

teknologi-ciptakan-kreativitas-masyarakat

Era globalisasi ekonomi yang mana banyak industri besar berinvestasi di Indonesia dan mengirim tenaga ahli mereka dari luar negeri yang mengakibatkan  banyak tenaga kerja kita yang terlempar dari kompetisi SDM di berbagai industri. Kini kita patut mulai berbagga karena setidaknya dikawasan Asia tenggara kita sudah mulai menjadi yang terbaik. Bahkan banyak industri kreatif kita yang dulunya hanya merupakan usaha mandiri kecil begitu mendapat kesempatan akan mengembangkan kreativitas mereka dan menciptakan sesuatu yang baru dalam bidang teknologi informasi untuk bisa menembus pasar dunia melalui sistem pemasaran yang notabene juga berkembang lewat teknologi informasi ini seperti startupsoftware, dll.

teknologi-ciptakan-industri-kreatif

Dalam  industri  kreatif,  khususnya,  peranan  teknologi  informasi dan komunikasi menjadi sangat dominan dalam menghasilkan  kreativitas.  Diantara  14  kelompok  industri  kreatif, setidaknya 10 industri sangat terkait erat dengan teknologi informasi. Industri tersebut yaitu industri periklanan, arsitektur, desain, video, film dan fotografi, permainan interaktif (game), musik, penerbitan dan percetakan, layanan komputer dan piranti lunak, televisi dan radio, juga riset dan pengembangan.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews